Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 03 Oktober 2012

Bingung Memulai


Oleh Anisa Wijayanti
Bingung memulai, itulah yang biasa dirasakan seorang penulis pemula ketika akan membuat sebuah tulisan. Terkadang ide sudah didapatkan dan suasana serta mood sudah sangat mendukung. Akan tetapi, ketika duduk dihadapan laptop atau komputer dan akan memulai seketika itu pula penulis bingung mengungkapkan isi pikirannya. Hal ini terjadi pada setiap jenis tulisan baik cerpen, puisi, artikel  karya tulis ilmiah, bahkan skripsi. Setidaknya itulah yang dirasakan penulis sebagai penulis pemula dalam memulai menulis. Terbersit pertanyaan dalam benak penulis, bagaimana caranya memulai untuk menulis ketika kebingungan itu datang. Berikut ada beberapa tips yang masih dipelajari oleh penulis sendiri.

Pertama, bacalah terlebih dahulu tulisan orang lain yang sejenis dengan tulisan yang akan kita buat. Jika kita akan membuat sebuah cerpen, bacalah terlebih dahulu sebuah cerpen. Hal ini dilakukan bukan untuk meniru atau menjiplak cerpen tersebut, namun untuk membuat pikiran atau otak kita terbiasa menerima rangkaian kata sehingga otak kita terangsang untuk menyusun kalimat yang baik. Membaca cerpen yang baik milik orang lain juga sekaligus membuat kita teringat akan EYD yang benar.
Kedua, banyak-banyaklah membaca referensi tulisan orang lain di waktu-waktu senggang. Perhatikan kalimat pembuka yang mereka tulis dan resapi rasa dari tulisan itu dalam-dalam. Dengan demikian kita akan terbiasa mengasah rasa kita untuk menulis. Dengan mempelajari rasa dari kalimat pembuka tulisan orang lain kita akan bisa menilai tulisan mana yang dinilai baik dan menarik dan mana yang tidak sehingga ketika kita akan menulis kita bisa mempertimbangkan kalimat seperti apa yang sekiranya menarik orang lain untuk membaca hasil karya kita.
Hal lain yang tak kalah penting adalah perhatikan niat/ tujuan kita menulis. Mulai dengan berdo’a dan membaca bismillah terlebih dahulu. Niatkan tulisan kita sebagai salah satu bentuk ibadah dan mohon bantuan dari Allah agar dibukakan pikiran kita dalam menulis sehingga diharapkan tulisan yang dihasilkan bisa menginspirasi orang lain pada kebaikan.


Rabu, 26 September 2012

0 komentar:

Posting Komentar