Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 06 Agustus 2012

Contoh RPP berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/ Semester : VIII/II
Pertemuan Ke-             : 5
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi :
5. Geometri dan Pengukuran
    Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
5.3  Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas.
Indikator :
1.   Kognitif  
a.    Proses:
·      Mengkontruksi rumus volume kubus dan balok.
     b.  Produk:
·      Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
2.   Afektif  
a.    Karakter :
1)        Mandiri.
2)        Disiplin.
3)        Menghargai.
4)        Tanggung jawab individu.
5)        Tanggung jawab sosial.
6)        Peduli.
7)        Jujur.
8)        Percaya diri.
b.    Keterampilan Sosial :
1)        Aktif mengajukan ide atau pendapat.
2)        Aktif mengajukan pertanyaan.
3)        Aktif sebagai pendengar yang baik.

     I.     Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif  
a.    Proses:
·      Peserta didik dapat mengkontruksi bentuk kubus berdasarkan model kubus dua satuan.
·      Peserta didik dapat mengkontruksi rumus volume balok dengan rancangannya sendiri.
b. Produk:
·      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah mengenai penggunaan rumus volume kubus dan balok
2. Afektif
a.    Karakter :
Terlibat dalam proses pembelajaran aktif antara peserta didik dan guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter, dengan cara peserta didik dapat  dilatihkan karakter :
1)   Menghargai; diantaranya peserta didik dapat berempati dengan cara memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
2)   Disiplin; diantaranya peserta didik mengikuti pembelajaran tepat sesuai jadwal yang telah ditentukan dan mengerjakan tugas sesuai alokasi waktu yang telah diberikan.
3)   Mandiri; diantaranya peserta didik memiliki kemampuan untuk mengerjakan kewajibannya sebagai peserta didik dengan baik dan penuh tanggungjawab secara individual.
4)   Tanggung jawab individu; diantaranya peserta didik mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
5)   Tanggung jawab sosial; diantaranya peserta didik mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
6)   Jujur; diantaranya peserta didik tidak pernah curang, menyontek hasil kerja peserta didik/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan.
7)   Sifat peduli ; diantaranya peserta didik peka terhadap perasaan orang lain dan mencoba untuk membantu peserta didik/guru yang membutuhkan.
b.    Keterampilan Sosial :
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, dan peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
1)Dalam diskusi kelompok atau kelas, peserta didik aktif mengajukan pertanyaan, menjawab, mengemukakan pendapat, dan berargumen
2)Dalam proses pembelajaran di kelas, peserta didik dapat menjadi pendengar yang baik.

    II.   Materi Ajar
A.    Volume kubus dan balok.

 III.   Metode Pembelajaran
1. Model   :  Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)
2. Metode :  Diskusi, informasi, tanya jawab dan pemberian tugas

III.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pelaksanaan :
A. Pendahuluan (15 menit):
No.
Kegiatan
Prediksi Respon Peserta Didik
Karakter/ Keterampilan Sosial
Setting/ Format Belajar
1.       
Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam kemudian memeriksa kehadiran peserta didik,  dan mengkondisikan kelas.
Menjawab dan siap mengikuti pembelajaran.
Dengan kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menghargai keberadaan orang lain (guru), disiplin untuk memulai pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan, peduli dan mampu menjadi pendengar yang baik.
Kelas
2.       
Apersepsi:
·     Guru mengajukan pertanyaan bagi peserta didik untuk mengingat kembali bentuk kubus dan balok pada pertemuan sebelmunya.
·     Guru mengajukan pertanyaan mengenai diagonal bidang dan diagonal ruang yang akan digunakan dalam pemecahan masalah.
·     Memberitahukan inti materi yang akan disampaikan yakni volume kubus dan balok.
Peserta didik menggambar contoh bentuk kubus dan balok di papan tulis lengkap dengan diagonal bidang dan diagonal ruangnya.
Dengan kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menghargai, peduli, aktif dalam pembelajaran dan bertanggungjawab secara individual.
Kelas
3.       
Motivasi:
·      Menyampaikan tujuan belajar.
·      Menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan yakni model CORE.
Peserta didik menyimak
Dengan kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menghargai, peduli dan menjadi pendengar yang baik.
Kelas
4.       
Peserta didik diberi intruksi untuk duduk  berkelompok, guru membagi dan memberi penjelasan mengenai LKK.
Peserta didik duduk berkelompok
Dengan kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menghargai, peduli dan menjadi pendengar yang baik.
Kelas

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
No
Kegiatan
Prediksi Respon Peserta Didik
Karakter/ Keterampilan Sosial
Setting/ Format Belajar
1.
Connecting:
·   Dalam diskusi kelompok, untuk mengerjakan LKK nomor 1 peserta didik berusaha mengkontruksi rumus volume kubus berdasarkan bentuk kubus dari kertas karton yang disediakan.
Organizing:
·   Peserta didik mulai menyusun rencana dari keterkaitan pada data untuk menyusun rumus volume kubus pada LKK nomor 1.
Reflecting:
·   Peserta didik memikirkan kembali apakah langkah-langkah yang dilakukan sudah benar pada penyusunan rumus volume kubus.
Peserta didik aktif mengkontruksi rumus volume kubus dan balok.
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, aktif mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai orang lain.
Kelompok
Eksplorasi
2.
Proses Connecting, Organizing, Reflecting dilakukan untuk menyelesaikan pencarian rumus balok berdasarkan langkah-langkah yang diberikan pada penemuan rumus kubus.
Peserta didik aktif dalam diskusi kelompok.
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, memiliki tanggung jawab social, aktif mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai orang lain.
Kelompok
Eksplorasi
3.
Dalam diskusi kelompok peserta didik berusaha menyelesaikan persoalan dalam LKK nomor 1 dan 2 mengenai volume kubus dan balok dengan menerapkan rumus yang diperoleh dalam proses sebelumnya (proses Connecting, Organizing, Reflecting terjadi dalam tahap ini)
Peserta didik aktif berdiskusi
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, memiliki tanggung jawab social, aktif mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai orang lain.
Kelompok
Eksplorasi
4.
Organizing:
·   Perwakilan dari kelompok yang telah selesai menyelesaikan persoalan dalam LKK mempresentasikan hasil diskusinya dalam kelas.
·   Peserta didik dari kelompok lain diperkenankan menanggapi ataupun menyanggah hasil presentasi.
Peserta didik menyimak dan mengemukakan pendapat.
Peserta didik dilatih peduli dan menghargai orang lain, memiliki taggung jawab sosial dan aktif dalam pembelajaran.
Kelas
Konfirmasi
5.
Reflecting:
Peserta didik diberi kesempatan secara individu untuk merenungkan solusi yang telah dipaparkan, mengingatnya dan mengoreksi kesalahan yang dilakukan selama mengerjakan LKK (jika terdapat kesalahan).
Peserta didik merenung.
Peserta didik dilatih bertanggung jawab secara individual.
Kelas
Konfirmasi
6.
Extending:
Peserta didik diberi persoalan secara individual sebagai evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan.
Peserta didik aktif mengerjakan soal.
Peserta didik dilatih bertanggung jawab secara individual dan mandiri.
Kelas






C. Kegiatan Penutup (15 menit)
No.
Kegiatan
Prediksi Respon Peserta Didik
Karakter/ Keterampilan Sosial
Setting/ Format Belajar
1.
Peserta didik diberi waktu untuk merenung dan menarik kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan.
Peserta didik aktif membuat kesimpulan dan menyimak guru.
Peserta didik dilatih untuk mandiri dan bertanggung jawab secara individual.
Kelas
2.
Guru memberikan tugas mandiri untuk dikerjakan dirumah.
Peserta didik menyimak
Peserta didik dilatih untuk mandiri, jujur, bertanggung jawab secara individual dan disiplin.
Kelas
3.
Peserta didik diharuskan untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pembelajaran berikutnya yakni mengenai perubahan volume kubus dan balok.
Peserta didik menyimak
Peserta didik dilatih untuk menjadi pendengar yang baik dan bertanggung jawab secara individual.
Kelas

V.      Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
·         Spidol, papan tulis,  LKK, LKM
·         Atik Wintarti, Endah Budi,dkk. (2008). Contextual Teaching and  Learning   Mathematics . Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Dewi Nuharini, Tri Wahyuni,dkk. (2008). Matematika Konsep dan   Aplikasinya. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
·         Sugiyono dan Adinawan, M. Kholik. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
·         Kurniawan. 2004. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

VI.   Penilaian
Teknik                              : tes tertulis
Bentuk instrumen             : soal uraian
Instrumen
No.
Indikator
Indikator Pemecahan Masalah
Soal
Jawaban
Skor
1.
Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
Kemampuan mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam pemecahan masalah.


Sebuah bak mandi yang berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 90cm, lebar 60 cm dan tinggi 70 cm, bak tersebut akan diisi air yang berasal dari kran dengan debit 25 cm3 per detik. Hitunglah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak sampai penuh!
Bak mandi mempunyai ukuran panjang 90cm, lebar 60 cm dan tinggi 70 cm maka,
 Volume bak mandi= 90× 60× 70= 378000 cm3
Debit air bertambah 25 cm3 per detik, maka waktu yang diperlukan untuk mengisi bak mandi sampai penuh adalah
t= .
10
2.
Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
Kemampuan memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat.
Kemampuan menyelesaikan masalah yang tidak rutin.
Kemampuan membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah.
Diketahui panjang diagonal bidang sebuah kolam renang berbentuk kubus adalah m. Hitunglah berapa lama bak akan terisi penuh jika diperlukan waktu  20 menit setiap 4 m3!


Diagonal kubus=
242=2s2
= s2
121= s2
 s
11=s, maka volume kubus adalah:
V= s3
   =113=1331 m3
Untuk mengetahui waktu yang diperlukan maka:
6655 menit.
20
3.
Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
Kemampuan mengembangkan strategi pemecahan masalah.
Kemampuan menyelesaikan masalah yang tidak rutin.


Bak kamar mandi berbentuk balok dengan ukuran bagian dalamnya 40 cm×40 cm×90 cm. Jika bak itu diisi air yang mengalir dengan debit 3cm3/ menit, berapa lamakah bak itu akan terisi penuh?
V = 40×40×90
V= 144000 cm3
Maka lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak sampai penuh adalah:
Waktu= 48000menit
20
4.
Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
Kemampuan mengembangkan strategi pemecahan masalah.
Kemampuan menyelesaikan masalah yang tidak rutin.


Perbandingan panjang, lebar, dan tinggi
sebuah balok adalah 5 : 4 : 3. Jika volume
balok 1.620 cm3, tentukan ukuran
balok tersebut.
Misalkan panjang 5x, lebar 4x dan tinggi 3x.
V = p×l×t
1620=  5x×4x×3x
1620= 60x3
=x3
27=x3
= x
3=x
Maka ukuran balok adalah panjang 5x= 5(3)=15 cm.
Lebar= 4x=4(3)=12 cm
dan tinggi 3x=3(3)=9 cm
20

                                                     
                                                                                                   Bandung,     Mei  2012       
                                                               Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                                    Guru PPL                                        
                
Yulia Nursari , S.Pd                                                                    Anisa Wijayanti
NIP. .196807211997022002                                                      NIM. 0800001

1 komentar: