RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VIII/II
Pertemuan Ke- : 5
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi :
5. Geometri dan Pengukuran
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma,
limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar :
Indikator
:
1.
Kognitif
a.
Proses:
·
Mengkontruksi
rumus volume kubus dan balok.
b. Produk:
·
Menggunakan rumus volume kubus dan balok dalam
pemecahan masalah.
2.
Afektif
a. Karakter
:
1)
Mandiri.
2)
Disiplin.
3)
Menghargai.
4)
Tanggung jawab
individu.
5)
Tanggung jawab sosial.
6)
Peduli.
7)
Jujur.
8)
Percaya diri.
b. Keterampilan
Sosial :
1)
Aktif mengajukan ide
atau pendapat.
2)
Aktif mengajukan pertanyaan.
3)
Aktif sebagai pendengar
yang baik.
I. Tujuan
Pembelajaran
1.
Kognitif
a.
Proses:
· Peserta didik dapat mengkontruksi bentuk kubus berdasarkan
model kubus dua satuan.
·
Peserta didik
dapat mengkontruksi rumus volume balok dengan rancangannya sendiri.
b. Produk:
·
Peserta didik
dapat menyelesaikan masalah mengenai penggunaan rumus volume kubus dan balok
2.
Afektif
a. Karakter :
Terlibat dalam proses pembelajaran aktif antara peserta didik
dan guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter,
dengan cara peserta didik dapat
dilatihkan karakter :
1) Menghargai; diantaranya peserta didik dapat berempati dengan
cara memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap
perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak
pernah mempermalukan teman/guru.
2) Disiplin; diantaranya peserta didik mengikuti pembelajaran
tepat sesuai jadwal yang telah ditentukan dan mengerjakan tugas sesuai alokasi
waktu yang telah diberikan.
3) Mandiri; diantaranya peserta didik memiliki kemampuan untuk
mengerjakan kewajibannya sebagai peserta didik dengan baik dan penuh
tanggungjawab secara individual.
4) Tanggung jawab individu; diantaranya peserta didik
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak
pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
5) Tanggung jawab sosial; diantaranya peserta didik mengerjakan
tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
6) Jujur; diantaranya peserta didik tidak pernah curang,
menyontek hasil kerja peserta didik/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan
aturan.
7) Sifat peduli ; diantaranya peserta didik peka terhadap
perasaan orang lain dan mencoba untuk membantu peserta didik/guru yang
membutuhkan.
b. Keterampilan Sosial :
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, dan peserta didik
diberi kesempatan untuk melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam
menunjukkan keterampilan sosial:
1)Dalam diskusi kelompok atau kelas, peserta didik aktif mengajukan
pertanyaan, menjawab, mengemukakan pendapat, dan berargumen
2)Dalam proses pembelajaran di kelas, peserta didik dapat
menjadi pendengar yang baik.
II. Materi Ajar
A.
Volume kubus dan
balok.
III. Metode
Pembelajaran
1. Model : Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)
2. Metode : Diskusi, informasi, tanya
jawab dan pemberian tugas
III.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pelaksanaan :
A. Pendahuluan (15 menit):
No.
|
Kegiatan
|
Prediksi
Respon Peserta Didik
|
Karakter/
Keterampilan Sosial
|
Setting/ Format Belajar
|
1.
|
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam kemudian memeriksa kehadiran
peserta didik, dan mengkondisikan
kelas.
|
Menjawab dan siap mengikuti
pembelajaran.
|
Dengan kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menghargai
keberadaan orang lain (guru), disiplin untuk memulai pembelajaran sesuai
jadwal yang telah ditetapkan, peduli dan mampu menjadi pendengar yang baik.
|
Kelas
|
2.
|
Apersepsi:
·
Guru
mengajukan pertanyaan bagi peserta didik untuk mengingat
kembali bentuk kubus dan balok pada pertemuan sebelmunya.
·
Guru
mengajukan pertanyaan mengenai diagonal bidang dan diagonal ruang yang akan
digunakan dalam pemecahan masalah.
·
Memberitahukan inti
materi yang akan disampaikan yakni volume kubus dan balok.
|
Peserta didik menggambar contoh bentuk
kubus dan balok di papan tulis lengkap dengan diagonal bidang dan diagonal
ruangnya.
|
Dengan kegiatan ini peserta didik
dilatih untuk menghargai, peduli, aktif dalam pembelajaran dan
bertanggungjawab secara individual.
|
Kelas
|
3.
|
Motivasi:
·
Menyampaikan tujuan belajar.
·
Menyampaikan model pembelajaran yang akan
digunakan yakni model CORE.
|
Peserta didik menyimak
|
Dengan kegiatan ini peserta didik
dilatih untuk menghargai, peduli dan menjadi pendengar yang baik.
|
Kelas
|
4.
|
Peserta didik diberi intruksi untuk
duduk berkelompok, guru membagi dan
memberi penjelasan mengenai LKK.
|
Peserta didik duduk berkelompok
|
Dengan kegiatan ini peserta didik
dilatih untuk menghargai, peduli dan menjadi pendengar yang baik.
|
Kelas
|
B. Kegiatan Inti (50 menit)
No
|
Kegiatan
|
Prediksi
Respon Peserta Didik
|
Karakter/
Keterampilan Sosial
|
Setting/ Format Belajar
|
1.
|
Connecting:
·
Dalam diskusi kelompok, untuk mengerjakan LKK
nomor 1 peserta didik berusaha mengkontruksi rumus volume kubus berdasarkan
bentuk kubus dari kertas karton yang disediakan.
Organizing:
·
Peserta didik mulai menyusun rencana dari
keterkaitan pada data untuk menyusun rumus volume kubus pada LKK nomor 1.
Reflecting:
·
Peserta didik memikirkan kembali apakah
langkah-langkah yang dilakukan sudah benar pada penyusunan rumus volume kubus.
|
Peserta didik aktif mengkontruksi rumus volume kubus dan
balok.
|
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, aktif
mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai orang lain.
|
Kelompok
Eksplorasi
|
2.
|
Proses Connecting, Organizing, Reflecting dilakukan untuk menyelesaikan
pencarian rumus balok berdasarkan langkah-langkah yang diberikan pada
penemuan rumus kubus.
|
Peserta didik aktif dalam diskusi kelompok.
|
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, memiliki
tanggung jawab social, aktif mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai
orang lain.
|
Kelompok
Eksplorasi
|
3.
|
Dalam diskusi kelompok peserta didik berusaha menyelesaikan
persoalan dalam LKK nomor 1 dan 2 mengenai volume kubus dan balok dengan
menerapkan rumus yang diperoleh dalam proses sebelumnya (proses Connecting,
Organizing, Reflecting terjadi dalam tahap ini)
|
Peserta didik aktif berdiskusi
|
Peserta didik dilatih percaya diri, peduli, memiliki
tanggung jawab social, aktif mengemukakan ide dan gagasan serta menghargai
orang lain.
|
Kelompok
Eksplorasi
|
4.
|
Organizing:
·
Perwakilan dari kelompok yang telah selesai
menyelesaikan persoalan dalam LKK mempresentasikan hasil diskusinya dalam
kelas.
·
Peserta didik dari kelompok lain diperkenankan
menanggapi ataupun menyanggah hasil presentasi.
|
Peserta didik menyimak dan mengemukakan pendapat.
|
Peserta didik dilatih peduli dan menghargai orang lain,
memiliki taggung jawab sosial dan aktif dalam pembelajaran.
|
Kelas
Konfirmasi
|
5.
|
Reflecting:
Peserta didik diberi kesempatan secara individu untuk
merenungkan solusi yang telah dipaparkan, mengingatnya dan mengoreksi
kesalahan yang dilakukan selama mengerjakan LKK (jika terdapat kesalahan).
|
Peserta didik merenung.
|
Peserta didik dilatih bertanggung jawab secara individual.
|
Kelas
Konfirmasi
|
6.
|
Extending:
Peserta didik diberi persoalan secara individual sebagai
evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan.
|
Peserta didik aktif mengerjakan soal.
|
Peserta didik dilatih bertanggung jawab secara individual
dan mandiri.
|
Kelas
|
C.
Kegiatan Penutup (15 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Prediksi
Respon Peserta Didik
|
Karakter/
Keterampilan Sosial
|
Setting/
Format Belajar
|
1.
|
Peserta didik diberi waktu untuk
merenung dan menarik kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan.
|
Peserta
didik aktif membuat kesimpulan dan menyimak guru.
|
Peserta didik dilatih untuk mandiri dan
bertanggung jawab secara individual.
|
Kelas
|
2.
|
Guru memberikan tugas mandiri untuk
dikerjakan dirumah.
|
Peserta didik menyimak
|
Peserta didik dilatih untuk mandiri,
jujur, bertanggung jawab secara individual dan disiplin.
|
Kelas
|
3.
|
Peserta didik diharuskan untuk
mempelajari materi yang akan dipelajari pada pembelajaran berikutnya yakni
mengenai perubahan volume kubus dan balok.
|
Peserta didik menyimak
|
Peserta didik dilatih untuk menjadi
pendengar yang baik dan bertanggung jawab secara individual.
|
Kelas
|
V.
Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
·
Spidol, papan
tulis, LKK, LKM
·
Atik Wintarti, Endah
Budi,dkk. (2008). Contextual Teaching
and Learning Mathematics . Jakarta : Pusat Perbukuan
Depdiknas.
·
Dewi Nuharini, Tri Wahyuni,dkk.
(2008). Matematika Konsep dan
Aplikasinya. Jakarta
: Pusat Perbukuan Depdiknas.
·
Sugiyono dan Adinawan,
M. Kholik. 2007. Matematika untuk SMP
Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
·
Kurniawan. 2004. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)
Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
VI.
Penilaian
Teknik : tes tertulis
Bentuk
instrumen : soal uraian
Instrumen
No.
|
Indikator
|
Indikator Pemecahan Masalah
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Menggunakan rumus
volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
|
Kemampuan
mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam pemecahan
masalah.
|
Sebuah
bak mandi yang berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 90cm, lebar 60 cm dan
tinggi 70 cm, bak tersebut akan diisi air yang berasal dari kran dengan debit
25 cm3 per detik. Hitunglah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi
bak sampai penuh!
|
Bak mandi mempunyai
ukuran panjang 90cm, lebar 60 cm dan tinggi 70 cm maka,
Volume bak mandi= 90× 60× 70= 378000 cm3
Debit air bertambah
25 cm3 per detik, maka waktu yang diperlukan untuk mengisi bak
mandi sampai penuh adalah
t=
.
|
10
|
2.
|
Menggunakan rumus
volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
|
Kemampuan
memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat.
Kemampuan
menyelesaikan masalah yang tidak rutin.
Kemampuan
membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah.
|
Diketahui panjang diagonal bidang
sebuah kolam renang berbentuk kubus adalah
m. Hitunglah berapa lama bak akan
terisi penuh jika diperlukan waktu 20
menit setiap 4 m3!
|
Diagonal
kubus=
242=2s2
= s2
121=
s2
s
11=s,
maka volume kubus adalah:
V=
s3
=113=1331 m3
Untuk
mengetahui waktu yang diperlukan maka:
6655 menit.
|
20
|
3.
|
Menggunakan rumus
volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
|
Kemampuan
mengembangkan strategi pemecahan masalah.
Kemampuan
menyelesaikan masalah yang tidak rutin.
|
Bak kamar mandi berbentuk balok dengan ukuran bagian
dalamnya 40 cm×40 cm×90 cm. Jika bak itu diisi air yang mengalir dengan debit
3cm3/ menit, berapa lamakah bak itu akan terisi penuh?
|
V = 40×40×90
V= 144000 cm3
Maka lama waktu yang dibutuhkan untuk
mengisi bak sampai penuh adalah:
Waktu=
48000menit
|
20
|
4.
|
Menggunakan rumus
volume kubus dan balok dalam pemecahan masalah.
|
Kemampuan
mengembangkan strategi pemecahan masalah.
Kemampuan
menyelesaikan masalah yang tidak rutin.
|
Perbandingan
panjang, lebar, dan tinggi
sebuah
balok adalah 5 : 4 : 3. Jika volume
balok
1.620 cm3, tentukan ukuran
balok
tersebut.
|
Misalkan panjang 5x, lebar 4x dan tinggi
3x.
V = p×l×t
1620=
5x×4x×3x
1620= 60x3
=x3
27=x3
= x
3=x
Maka ukuran balok adalah panjang 5x=
5(3)=15 cm.
Lebar= 4x=4(3)=12 cm
dan tinggi 3x=3(3)=9 cm
|
20
|
Bandung, Mei 2012
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Guru PPL
Yulia
Nursari , S.Pd Anisa
Wijayanti
NIP. .196807211997022002 NIM. 0800001
Biar lebih mudah dipelajari kalo bisa kasih file download mba :)
BalasHapus