Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 04 Oktober 2012

Bahasa untuk Anak, Bahasa yang Berbeda


Hari-hariku saat ini tak sesibuk saat di kampus,  menjadi seorang ibu muda yang tengah hamil tujuh bulan tanpa rutinitas yang jelas memang menjenuhkan, akhirnya kuputuskan untuk ikut mengajar di salah satu PAUD rintisan di daerahku, PAUD AL-Hasanah namanya.
Meski masih rintisan siswa-siswi di PAUD ini sudah lumayan, sekitar 20 orang. Terdiri dari 17 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Mengajar di PAUD memberikan pengalaman tersendiri, lucu dan unik memang ketika mendekatkan diri dengan anak-anak. Anak-anak yang kuajak belajar dan bermain adalah anak yang masih berusia 4 tahun.
Mengenali bahasa mereka, ada banyak hal yang bisa kupelajari. Tak ada kalimat-kalimat yang jelas, tapi bahasa tubuh mereka jelas menggambarkan semuanya. Berdekatan mereka membuatku mempelajari bahasa baru, kalimat-kalimat sederhana namun mudah dipahami bisa diperjelas dengan sentuhan dan pandangan mata lembut yang mengarah pada mereka. Hal yang tidak kalah penting adalah tidak menekankan anak untuk memahami dan menuruti apa yang kita inginkan dari mereka secara paksa, biarkan mereka nyaman dengan dunianya sendiri dan ajarkan hal-hal yang baik sedikit demi sedikit setiap hari. 
 

0 komentar:

Posting Komentar