Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 02 September 2012

Lebaran bagi Keluarga Baru Kami

Oleh Anisa Wijayanti

Ada sekelumit kisah yang berbeda pada lebaran tahun ini. Tak pernah terlintas dalam pikiranku yang melewati lebaran tahun lalu masih dalam kondisi single bahwa aku akan melalui lebaran kali ini bersama seorang suami dan janin yang bergerak-gerak dalam perutku. Tepat di hari kelima setelah lebaran tahun 2011 lalu yakni tanggal 4 September 2012, kakakku menikah. Kala itu, aku bersama sosok yang menjadi suamiku kini masih berstatus pacaran tanpa pernah berpikir bahwa kami akan menikah secepat ini setelah pernikahan kakakku. Aku dan suamiku menikah pada tanggal 5 Februari 2012 di sela-sela perkuliahan semester tujuh menuju semester delapan. Sebuah pernikahan dengan persiapan singkat dan terkesan mendadak yakni hanya sekitar tiga bulan. Pernikahan yang kami nikmati sebagai kado terindah dari Allah untuk kami di tahun ini.
Hanya selang satu hari setelah menikah aku kembali ke Bandung karena tiga hari setelah menikah masa Program Pengalaman Lapangan (PPL) dari universitas tempatku kuliah harus berjalan. Aku mendapatkan tugas untuk PPL di salah satu SMP Negeri di kota Bandung. Masa PPL sebagai pengantin baru membuatku merasa sedikit aneh. Pernikahan yang semula aku pikir begitu ribet dan asing terasa simple dan menyenangkan. Kurang lebih sebulan suamiku menemani masa-masa PPL di Bandung hingga akhirnya awal bulan April dia harus segera kembali ke Bengkulu untuk bekerja.
Sejak suamiku kembali bekerja kujalani hari-hari seperti biasa lagi bersama teman-teman. Tak ada yang berubah sama sekali dalam hari-hari yang kujalani hingga akhirnya lambat laun aku menyadari bahwa sesosok janin tengah tumbuh di rahim ini. Dia tumbuh bersamaku menjalani hari-hari PPL dan bimbingan skripsi tanpa ayahnya. Ayahnya datang sebulan sekali menemani kami, itupun tak lama karena pekerjaannya membuat kami rela tinggal berjauhan seperti ini.
Menjelang akhir PPL tanggal 31 Mei tiba-tiba aku mendapat informasi bahwa siding skripsi pertama jurusan Pendidikan Matematika diadakan tanggal 21 Juni. Awalnya aku ragu bisa menyelesaikan menulis skripsi hanya dalam waktu sekitar dua minggu meski penelitian telah selesai aku lakukan. Tapi akhirnya berkat dorongan semangat dari keluarga dan orang-orang disekitarku ternyata Allah memudahkan jalan itu. Aku berhasil lulus pada sidang skripsi tanggal 21 Juni 2012 dengan predikat sangat memuaskan. Kujalani hari-hari kejar target skripsi dan sidang skripsi bersama janin yang tumbuh di rahimku. Sungguh pengalaman yang luar biasa yang membuatku semakin yakin bahwa Allah akan memudahkan segala urusan selama kita meyakini bahwa Dia akan selalu membantu kita.
Setelah semua urusan perkuliahan dan pendaftaran wisuda aku selesaikan, awal bulan Juli aku, suami dan janin yang ada di rahimku berangkat ke Bengkulu. Pertama kalinya kulakukan perjalanan jauh selama hamil. Di sana, sebuah pengalaman baru kurasakan. Tinggal di sebuah rumah, sebagai seorang ibu rumah tangga biasa. Tak ada lagi kesibukan super padat seperti yang selama ini kujalani sebagai seorang mahasiswa. Ternyata seperti ini rasanya menikah, barulah pelan-pelan aku menyadarinya. Kami hanya tinggal di Bengkulu sekitar dua minggu, hari-hari berikutnya kami sekeluarga boyongan ke Lebong. Ikut dengan suamiku bertugas di sana selama sekita sepuluh hari. Menjelang lebaran kami akhirnya mudik ke Ciamis dengan rute yang dibagi menjadi dua hari. Bengkulu-Bandung, istirahat satu hari dan barulah Bandung-Ciamis.
Di Ciamis, hari-hari menjelang lebaran terasa berbeda. Kini aku tak sendiri lagi, sudah ada orang-orang baru yang hadir dalam hidupku yakni suami, janin kami beserta keluarga suamiku. Aku melewatkan hari-hari menjelang lebaran hingga hari Idul Fitri  di rumah mertua. Menikmati masa-masa baru dalam balutan keluarga hangat yang baru kukenal selama kurang dari satu tahun ini. Melewati malam takbir dan shalat Ied yang berbeda di lingkungan baru. Sungguh pada lebaran kali ini Allah menghadiahkan kebahagiaan yang begitu besar. Sebuah loncatan besar dalam hidupku telah kulalui di tahun ini. Menikah, menyelesaikan kuliah, memiliki suami dan bayi yang bergerak-gerak riang di rahimku setiap hari dan keluarga baru yang begitu baik. Terima kasih ya Rabb, sungguh kebahagiaan besar telah kau anugerahkan kepada kami. Semoga kami selalu bisa mensyukurinya. Amin.

1 komentar:

  1. Salam Sobat Anisa Wijayanti..., salam kenal dan salam persaudaraan.
    Alhamdulillah, tulisan di atas sudah kami posting di http://www.timkomte.com/2012/09/lebaran-bagi-keluarga-baru-kami.html
    Silakan mengundang teman sebanyak-banyaknya untuk memberikan komentar di link tersebut di atas.
    Salam

    BalasHapus