Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 25 Juli 2012

Sharing pengalaman mengenai kelulusan

Bagi yang sedang menjalani masa-masa akhir kuliah, kata lulus adalah sebuah kata yang menjadi hal yang paling didambakan, sebuah perjalanan menyusuri ruang-ruang waktu bersama agenda-agenda perkuliahan yang begitu ketat mermbuat mahasiswa terkadang merasa tertekan, namun setelah kata lulus itu didengar semua peluh dan keringat yang telah menetes bersama tawa dan tangis yang sempat menghiasi wajah ini menjadi terasa sangat singkat.

Perkuliahanku berlangsung normal, walaupun hampir tidak normal di tahun pertama kuliah karena lambatnya proses adaptasi yang kulakukan mmbuat tubuh ini begitu sering sakit-sakitan. Tahun-tahun berikutnya, seiring dengan rasa percaya diri yang semakin meningkat berbagai kegiatan kuikuti dan itu membuat kesehatanku semakin membaik. Bagi kamu-kamu yang baru masuk perkuliahan di tahun ini, hadapi setiap tantangan dalam perkuliahan dengan gembira dan keyakinan bahwa semua akan berlalu dan akan membuat dirimu lebih baik dari hari ke hari. Hal ini akan menolongmu dari rasa putus asa di masa awal kuliah.
Pada menjelang tingkat akhir, batu sandungan yang biasanya berupa kerikil-kerikil kecil dalam masa perkuliahan pada akhirnya akan mengantarkan perjalanan pada sebuah dinding kejenuhan, apalagi saat harus memilih judul skripsi, hmm,.. ketika hal itu datang rasanya hari-hari menjadi penuh tekanan, ditambah lagi ketika ada yang membahasnya atau ketika rekan satu angkatan telah berhasil lolos dengan judul skripsinya. Apabila saat ini tiba, maka hal yang harus dilakukan adalah HADAPI, jangan pernah mundur dan menyimpan agenda untuk mencari judul skripsi sampai mood kita baik untuk mengerjakannya, jika hal ini dilakukan maka jiwa kita akan semakin mencari-cari alasan untuk menghindar dan menghindar lagi. Selanjutnya cari referensi di tempat yang tepat, sering-seringlah nangkring dan membaca berbagai penelitian yang telah dilakukan orang lain di perpustakaan dan di internet misalnya. Hal ini bukan dimaksudkan untuk meniru penelitian yang telah ada, namun untuk sekedar membuka wawasan mengenai penelitian. Jika satu judul penelitian sudah didapatkan, buatlah dua judul cadangan lagi beserta proposalnya. Siapkan buku-buku referensi yang mendukung judul yang diambil. Jika pembimbing sudah didapatkan, sering-seringlah berkonsultasi dengan beliau-beliau, jangan tunggu sampai tulisan perfect baru betemu dengan pembimbing. Buat target-target harian yang jelas dan sertakan target penulisan skripsi yang jelas di dalamnya.
Hari-hari selama penulisan skripsi akan berjalan menjemukan, untuk mengurangi rasa jenuh dan mendongkrak semangat, sering-seringlah berbincang dengan teman yang semangat mengerjakan skrpsinya. dalam hal ini orang yang sangat membantuku adalah Dea Kania, terima kasih kuucapkan padamu Dea, kehadiran teman yang senantiasa saling mendorong dalam mendongkrak semangat sangat penting di masa-masa ngoyo kita. Jika semua proses sudah dijalani dengan ikhtiar maksimal, hal yang tidak kalah penting yang harus ada dalam diri kita adalah KEYAKINAN dan DOA, yakinkan diri sendiri dan mintalah do'a dari orang-orang terdekat kita. Tanpa hal itu semua yang kita kerjakan akan terbentur disaat mandeg atau bertemu diding kesulitan yang cukup berat. Sebagai pelicin bagi mulusnya jalan dalam meraih tujuan kita, ingatlah untuk menyertai setiap ikhiar dengan BERSEDEKAH, bersedekahlah secara rutin dan berdoalah setelahnya kepada Allah, sedekah mungkin terasa berat bagi mahasiswa yang belum punya penghasilan dengan bekal pas-pasan, akan tetapi anggaplah sedekah ini sebagai bentuk infestasi untuk mempercepat kesuksesan dan yakinkan diri kita bahwa semua yang kita infestasikan akan kita rasakan kembali manfaatnya dikemudian hari. Hmmm,... lewat tips-tips di atas akhirnya alhamdulillah saya bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu bersama janin yang saya kandung di masa-masa akhir perkuliahan,
Terakhir,..terima kasih pada suami, keluarga dan dede bayi yang ada di dalam rahimku serta teman-teman yang telah mendukung dan memberi motivasi dalam setiap kesempitan. Alhamdulillah, setelah melalui perjalanan panjang selama kurang lebih empat tahun, akhirnya aku lulus juga,..:-)


0 komentar:

Posting Komentar