Social Icons

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 26 Februari 2012

Persiapan menuju pernikahan


 
Menikah, satu kata yang mengandung berjuta makna bagi setiap manusia apalagi bagi sosok-sosok muda yang tengah menantikan masa-masa pernikahan yang mendebarkan. Kapan dan dengan siapa saya akan menikah menjadi pertanyaan besar dalam saat-saat penuh kesendirian. belum lagi ketika keluarga semakin sering mempertanyakan seiring dengan usia yang semakin matang dan masa-masa kuliah yang semakin dekat menuju gerbang kelulusan

Dulu, menikah pernah menjadi sesuatu kata yang sangat saya hindari, berpikir bahwa menikah adalah sesuatu yang tak perlu dibahas dan dibicarakan dengan siapapun. Saya yakin, saat itu akan datang dengan sendirinya. Hingga akhirnya ketika calon yang sudah cocok itu datang saya menjadi kalang kabut sendiri di buatnya. Berdasar pada pengalaman tersebut, terbersit niat saya untuk berbagi, mengingatkan akan pentingnya persiapan menapaki pernikahan, dengan atau tanpa pendamping saat ini. Setidaknya persiapan hati, terutama bagi para akhwat.
Mengutip dari pernyataan Teh Ninih Mutmainnah yang saya dapatkan dalam sebuah Tarbiyatunnikah, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang menapaki masa-masa penantian, yakni:
a. Perbanyak teman, memperbanyak teman akan memperluas wawasan dan silaturahmi, menambah pengalaman dan juga jaringan. Tapi, pilihlah teman yang baik karena dengan memilih teman yang baik anda secara tidak langsung tengah berikhtiar mendapat pendamping yang baik pula.
b. Dekatkan diri kepada Allah dengan banyak berdo'a memohon pendamping yang terbaik.
c. Bersodakohlah, mintalah kepada Allah akan jodoh yang baik. Shodakoh bisa memudahkan jalan do'a kita terkabul.
d. Isi hari-hari dengan kegiatan positif di tempat yang baik seperti mesjid, kampus dan majelis ta'lim. aktifitas yang baik di tempat yang baik bisa menjadi jalan bertemu jodoh yang baik pula.amiin.
Lalu, apa yang harus dilakukan ketika calon yang cocok telah datang?
Ketika dia telah datang dengan segala kebaikan yang kita lihat darinya, mulailah untuk mencari tahu mengenai keluarganya, sifatnya dan karakter dirinya hal ini akan memudahkan saat bersama setelah menikah nantinya. diluar hal itu, ada ilmu-ilmu baru yang harus dipelajari tentang pernikahan, carilah buku-buku yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda seputar pernikahan dan ikutilah pelatihan pranikah yang diselenggarakan di sekitar lingkungan tempat anda tinggal/ beraktifitas. Aktifitas-aktifitas yang telah saya sebutkan tadi bisa membuat fokus pikiran anda bergerak ke arah positif dan menjauhkan anda dari kegamangan saat menatap hari pernikahan yang akan segera datang.:-)

0 komentar:

Posting Komentar